Pengantar Routing Dinamis

Apa sebenarnya protokol routing dinamis? Routing protokol yang digunakan untuk memfasilitasi pertukaran informasi routing antara router. Routing protokol memungkinkan router untuk secara dinamis berbagi informasi tentang jaringan jarak jauh dan secara otomatis menambah informasi ini ke tabel routing mereka sendiri.

Protokol routing menentukan jalur terbaik untuk setiap jaringan yang kemudian ditambahkan ke tabel routing. Salah satu manfaat utama untuk menggunakan protokol routing dinamis adalah bahwa router pertukaran informasi routing kapanpun terjadi perubahan topologi. Pertukaran ini memungkinkan router untuk secara otomatis belajar tentang jaringan baru dan juga untuk menemukan jalur alternatif ketika ada kegagalan link ke jaringan saat ini.

Dibandingkan dengan routing statis, protokol routing dinamis membutuhkan overhead  administrasi lebih sedikit. Namun, biaya menggunakan protokol routing dinamis yang mendedikasikan bagian dari sumber daya sebuah router untuk operasi protokol termasuk waktu CPU dan bandwidth jaringan link.

Sekilas Tentang Routing

Routing adalah proses dimana suatu item dapat sampai ke tujuan dari satu lokasi ke lokasi lain. Beberapa contoh item yang dapat di-routing : mail, telepon call, dan data. Di dalam jaringan, Router adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan routing trafik.

Konsep dasar routing
Bahwa dalam jaringan WAN kita sering mengenal yang namanya TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) sebagai alamat sehingga pengiriman paket data dapat sampai ke alamat yang dituju (host tujuan). TCP/IP membagi tugas masing-masingmulai dari penerimaan paket data sampai pengiriman paket data dalam sistem sehingga jika terjadi permasalahan dalam pengiriman paket data dapat dipecahkan dengan baik. Berdasarkan pengiriman paket data routing dibedakan menjadi routing lansung dan routing tidak langsung. source : https://blognyaunyegg.wordpress.com/2013/03/05/pengertian-routing-fungsi-jenisnya/