Dampak Jaringan dan Tugas Router

Jaringan saat ini memiliki dampak signifikan pada kehidupan kita – mengubah cara kita hidup, bekerja, dan bermain. Jaringan komputer – dan dalam konteks yang lebih besar Internet – memungkinkan orang untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan cara yang mereka tidak pernah dilakukan sebelumnya. Kita menggunakan jaringan dalam berbagai cara, termasuk aplikasi web, IP telephony, video conference, game interaktif, perdagangan elektronik, pendidikan, dan banyak lagi.

Di pusat dari jaringan adalah router. Sederhananya, router menghubungkan satu jaringan ke jaringan lain. Oleh karena itu, router bertanggung jawab untuk pengiriman paket di seluruh jaringan yang berbeda. Tujuan dari paket IP mungkin web server di negara lain atau server e-mail pada jaringan area lokal. Ini adalah tanggung jawab dari router untuk memberikan paket tersebut pada waktu yang tepat. Efektivitas komunikasi internetwork tergantung, untuk tingkat besar, pada kemampuan router untuk meneruskan paket dalam cara yang paling efisien mungkin.

 Sekilas Tentang Router

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh lapis OSI.

Router memiliki fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mensetting DHCP, maka kita dapat membagi IP Address, fasilitas lain dari Router adalah adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain.

Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Lebih lengkap tentang router silakan download disini Router pada Jaringan WAN